Harga Minyak Goreng Murah, Ketahui Ciri Minyak Goreng Terbaik, Yuk!

Februari 7, 2019

 Harga minyak goreng bervariasi di pasaran tergantung dengan jenis minyak yang hendak Anda beli. Minyak goreng kelapa sawit cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis minyak yang disebut lebih sehat seperti minyak kelapa murni, minyak zaitun dan lain-lain. Apakah harga produk yang terlalu murah menandakan minyak tersebut kurang baik dikonsumsi rutin? Yuk, simak penjabaran mengenai ciri minyak goreng berkualitas serta trik menggoreng yang baik berikut ini!Ciri Minyak Goreng BerkualitasPara ibu rumah tangga mungkin lebih sering memilih minyak kelapa sawit karena alasan harga yang lebih murah. Meski begitu, sebaiknya Anda tahu mengenai ciri minyak goreng yang berkualitas dan sehat!

  1. Terbuat dari bahan yang berkualitas atau tidak membahayakan tubuh.
  2. Memiliki titik didih yang tinggi sehingga tidak mudah mengalami oksidasi saat proses penggorengan.
  3. Berwarna bening, aroma khas, tidak kental dan tidak cepat menghitam.
  4. Karakter minyak goreng harus seperti air, tidak mudah lengket, sedikit menempel pada makanan dan tidak mudah membeku.
Beberapa ciri yang disebutkan di atas wajib Anda perhatikan dalam membeli produk minyak goreng di pasaran. Teliti dan baca ulang mengenai komposisi yang tertera pada label kemasan, ya! Sebaiknya hindari jenis minyak goreng yang mampu terserap dengan baik oleh makanan. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh sebab minyak mengandung lemak jenuh. Lalu, bagaimana cara menggoreng yang baik agar bisa meminimalkan risiko?Trik Menggoreng Menggunakan Minyak Goreng yang BaikMeski menggunakan produk dengan label harga minyak goreng kelas premium, Anda bisa saja terkena dampak peningkatan kolesterol jahat. Hal ini terjadi apabila Anda abai terhadap aturan dalam menggoreng makanan. Apa saja yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari risiko kolesterol tinggi yang bisa berpengaruh pada kesehatan jantung Anda? Yuk, simak trik menggoreng yang baik berikut ini!
  1. Hindari kebiasaan buruk menggoreng makanan menggunakan minyak beberapa kali pakai. Kesalahan umum yang sering dilakukan para ibu adalah menggunakan minyak goreng beberapa kali. Keinginan menghemat anggaran memasak malah bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan keluarga. Pasalnya, Anda akan menggunakan minyak goreng yang memiliki sisa makanan penyebab bau tengik dan oksidasi.
  2. Pilih minyak goreng yang mengalami tiga kali proses pemurnian dan dua kali proses penyaringan agar kandungan lemak tak jenuh semakin rendah.
  3. Panaskan minyak secara perlahan atau hindari menggoreng makanan pada minyak bertemperatur tinggi.
  4. Gunakan media penggorengan yang terbuat dari bahan stainless steel bukan jenis tembaga.
  5. Sebaiknya selalu tiriskan makanan yang baru digoreng terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
  6. Masa penggunaan minyak goreng yang baik adalah dua kali saja. Sebagai bahan catatan, Anda bisa menyaring minyak yang baru digunakan dengan cara disaring terlebih dahulu dan simpan dalam wadah tertutup. Letakkan minyak goreng di tempat yang memiliki suhu sejuk.
  7. Jika hendak menggunakan minyak bekas pakai satu kali, tambahkan minyak segar. Apabila minyak menunjukkan perubahan warna, berbusa atau menghitam berarti minyak sudah tak layak pakai sebab mengandung racun.
Nah, beberapa trik menggoreng dengan minyak di atas bisa Anda jadikan acuan agar bisa menikmati gorengan secara lebih sehat. Pasalnya, masyarakat Indonesia memiliki lidah yang tidak bisa lepas dari gorengan. Jangan hanya tergiur memilih harga minyak goreng yang murah dan abai terhadap kualitas ya! Kalau Anda ingin hidup lebih sehat, gunakan jenis minyak goreng yang memiliki kadar lemak tak jenuh. Yuk, terapkan gaya hidup sehat mulai sekarang!]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di FacebookBagikan MUHRID di Google+