Inilah 5 Aksesoris Sepeda yang Wajib Anda Miliki!

Mei 21, 2019

Bersepeda merupakan salah satu hobi yang mendatangkan berbagai manfaat dan keuntungan. Diantaranya, membuat badan Anda lebih sehat dan pikiran lebih fresh. Selain itu, bersepeda adalah salah satu olahraga yang direkomedasikan untuk berbagai usia, karena tidak memerlukan kerja ekstra pada persendian yang seringkali menjadi permasalahan bagi kalangan lansia. Namun, dengan alasan keamanan lebih baik menggunakan beberapa aksesoris sepeda dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Aksesoris Sepeda

Seseorang yang hobi bersepeda biasanya tidak lepas dari berbagai macam akseseoris pendukung saat berkendara. Memang tidak lengkap rasanya kalau bersepeda tanpa menggunakan aksesoris lainnya demi alasan keselamatan.

Aksesoris-aksesoris ini memiliki hukum yang berbeda ketika digunakan, mulai dari sunah hingga wajib. Namun, terdapat beberapa aksesoris yang sebaiknya dikenakan saat bersepeda. Lalu, apa saja aksesoris tersebut?! Berikut akan diuraikan di bawah ini.

  1. Helm Sepeda

Menggunakan helm saat berkendara merupakan hal yang sangat wajib, baik itu ketika mengendarai motor maupun sepeda. Fungsi helm sendiri pasti Anda sudah mengetahuinya, yakni untuk melindungi kepala apabila terjadi kecelakaan. Kecelakaan memang bukan sesuatu yang diharapkan, namun kita tidak bisa menghindarinya. Maka dari itu, menggunakan helm merupakan salah satu antisipasi untuk meminimalisir resiko saat terjadi kecelakaan.

  • Kacamata Sepeda

Aksesoris sepeda yang satu ini memiliki hukum yang sunah untuk dikenakan saat berkendara. Karena kacamata sepeda memiliki dua fungsi, yakni sebagai pelindung mata dan untuk gaya. Bagi Anda yang suka bersepeda downhill menggunakan kacamata sepeda merupakan hal yang wajib. Tentu hal ini untuk melindungi mata Anda dari medan off roadyang penuh dengan kerikil tajam dan ranting-ranting pohon.

Selain itu, kacamata yang berbahan dasar pilkarbonat dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar UV. Sebisa mungkin jaga indera penglihatan Anda dari sinar UV agar tidak terkena gangguan. Karena hal terparah yang akan dialami yaitu timbulnya katarak pada mata Anda.

  • Jersey Sepeda

Mengenakan jersey sepeda saat berkendara memang tidak wajib. Namun, untuk kenyamanan tidak ada salahnya kalau Anda mengenakan jersey yang secara khusus didesain untuk bersepeda. Karena kelebihan dari jersey sepeda sendiri bisa menyerap panas pada tubuh lebih cepat ketika Anda sibuk mengayuh pedal sepeda. Selain itu, penggunaan jersey sepeda merupakan bagian dari menunjang penampilan agar terlihat lebih keren.

  • Celana Padding

Sebaiknya Anda mengenakan celana padding saat bersepeda, karena celana ini dilengkapi dengan bantalan yang berfungsi mengalirkan peredaran darah secara sempurna ketika duduk di atas sadel.

Selain itu, bantalan tersebut mencegah terjadinya kesemutan pada pinggul yang diakibatkan karena kualitas celana padding kurang bagus atau karena celana Anda tidak memiliki bantalan. Kalau Anda tidak mengenakan celana padding, akibatnya pembuluh darah pada bagian pinggul ke bawah sedikit tertekan dan menyebabkan mati rasa.

  • Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan salah satu aksesoris sepeda yang wajib Anda gunakan. Biasanya, sarung tangan ini dilengkapi dengan bantalan pada bagian telapak tangan. Fungsinya sendiri untuk mencegah terjadinya kulit lecet saat memegang grip sepeda. Sarung tangan ini tentu didesain senyaman mungkin dengan bahan terbaik dan tidak licin.

Nah, itulah beberapa aksesoris sepeda yang sebaiknya Anda miliki untuk menunjang penampilan dan keselamatan Anda. Dengan demikian, pilihlah aksesoris-aksesoris di atas dengan kualitas terbaik demi kenyamanan Anda ketika bersepeda. Karena apabila sudah nyaman, kemungkinan resiko terjadinya kecelakaan pun semakin kecil. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mengenakan aksesoris sepeda kemanapun dan kapanpun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di FacebookBagikan MUHRID di Google+