6 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing

Mei 27, 2019

Kalau kamu punya kucing sebagai hewan peliharaan di rumah, kamu pasti pernah dibuat pusing ketika kucing itu punya kutu. Selain kasihan melihat kucing yang garuk-garuk terus, kamu juga takut ketularan. Padahal kalau sudah kutuan, akan susah untuk dihilangkan secara permanen. Kamu pun harus memutar otak bagaimana caranya menghilangkan kutu kucing tersebut.

Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan dengan tingkah laku yang menggemaskan. Memelihara kucing sama seperti memiliki obat untuk mengatasi segala penat. Kamu akan terhibur dengan tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan.

Tapi kalau kucing di rumah sering garuk-garuk dan merasa tidak nyaman, kamu perlu cek bulu-bulu halusnya. Bisa jadi ada kutu di badan kucing kamu. Jika benar demikian, kamu harus segera mencari cara untuk membebaskan hewan kesayangan kamu itu dari serangan kutu.

Mengatasi Kutu Kucing

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutu kucing, yaitu sebagai berikut :

1. Berikan shampo khusus

Memandikan kucing selain berguna untuk menjaga kebersihan, juga berguna untuk mencegah adanya kutu di kucing kamu. Tapi kalau sudah terlanjur memiliki kutu, mandi dengan air dan shampo biasa tidaklah cukup Ketika kamu memandikan kucing, pakailah shampo khusus dengan formula anti kutu untuk mengurangi kutu yang ada di tubuh kucing. Lakukan secara rutin dan konsisten agar kutunya hilang secara permanen.

2. Oleskan minyak telon

Menghilangkan kutu kucing juga bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak telon ke tubuh si kucing. Tapi ingat, ketika mengoleskan minyak telon ke tubuh kucing, lakukan dengan tepat. Jangan kebanyakan agar ketika kucing menjilati tubuhnya sendiri, minyak telon tidak ikut terjilat.

3. Semprotkan air cuka

Cara ketiga adalah dengan menyemprotkan air cuka. Campurkan cuka dengan air dengan perbandingan yang seimbang kemudian panaskan dengan api sedang. Kemudian taruh campuran air cuka tersebut ke dalam botol dan semprotkan ke tubuh kucing. Jangan sampai kena mata atau bahkan masuk ke telinga. Cara ini bisa jadi cara yang efektif mengusir kutu karena kutu tidak suka dengan aroma cuka.

4. Semprotkan jus lidah buaya

Kalau kamu punya tanaman lidah buaya di pekarangan rumah, kamu bisa menggunakannya sebagai obat menghilangkan kutu kucing. Caranya dengan mencampurkan lidah buaya dan sedikit cabe rawit untuk dijadikan jus. Setelah jadi, taruh ke dalam botol dan semprotkan ke tubuh si kucing.

5. Semprotkan air lemon

Kutu juga tidak suka dengan kandungan asam yang ada pada lemon lho.Jadi, kamu bisa menggunakan hasil rebusan air lemon yang sudah didiamkan semalaman dan disaring untuk disemprotkan ke tubuh kucing.

6. Gunakan cuka apel

Cuka apel memang memiliki bau yang tidak enak. Bau ini pulalah yang tidak disukai oleh kutu yang bersarang di tubuh kucing kamu. Dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1, kamu bisa menggunakan cairan tersebut untuk disemprotkan ke tubuh kucing.

Demikian enam cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutu kucing. Kutu kucing tidak hanya bersarang di tubuh kucing, tapi juga di seluruh bagian rumah. Jadi lakukan juga pembersihan di karpet-karpet. Sofa, dan tempat-tempat yang sering disinggahi si kucing. Jangan fokus pada tubuh kucing saja. dengan begitu, kutu-kutu tersebut akan hilang secara permanen.

Jika sudah dilakukan pembersihan secara menyeluruh, kamu juga perlu membatasi aktivitas kucingmu di luar rumah. Karena kemungkinan besar kucingmu mendapat kutu tersebut dari hasil berpetualang ke luar rumah. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di FacebookBagikan MUHRID di Google+