Apakah Asam Urat Merupakan Penyakit Turunan?

Juli 1, 2019

Asam urat selalu identik disebabkan oleh makanan. Tetapi, benarkah asam urat adalah penyakit turunan?

Jangan salah, asam urat itu sekarang bisa menyerang orang usia muda. Satu hal yang menjadi pertanyaan jika sudah begitu, apakah asam urat merupakan penyakit turunan?

Harus diketahui, menurut dr. Atika dari KlikDokter, Asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat pada sendi-sendi tubuh. Paling sering dirasakan di sendi jari jempol kaki. Gejalanya, muncul rasa nyeri mendadak yang disertai bengkak, kemerahan, hangat, dan rasa tidak nyaman pada daerah sendi.

Apakah asam urat penyakit turunan?

Asam urat terjadi ketika tubuh memetabolisme purin, yaitu suatu zat yang secara normal terdapat di dalam tubuh. Akan tetapi, purin juga ditemukan dalam beberapa jenis makanan, misalnya daging sapi, jeroan, emping, beberapa sayuran hijau seperti bayam, dan makanan laut.

Selain itu, beberapa minuman yang mengandung kadar asam urat tinggi, yaitu minuman beralkohol dan minuman manis. Jika ini semua dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, kadar asam urat bisa naik di dalam tubuh.

Seharusnya ketika dalam keadaan normal, asam urat akan terlarut dalam darah dan dikeluarkan oleh ginjal melalui urine. Akan tetapi, jika asam urat di dalam tubuh terlalu banyak atau ketika ginjal hanya membuang sedikit asam urat, akhirnya bisa terjadi penumpukan asam urat.

Asam urat dapat menumpuk dan membentuk kristal urat tajam serupa jarum di sendi atau jaringan sekitarnya. Saat ini terjadi, muncul gejala nyeri akibat peradangan sendi.

Hanya saja, penemuan terbaru dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, menyebutkan bahwa makanan bukan faktor utama seseorang mengalami asam urat. Sekitar 24 persen, yang memengaruhi adalah faktor genetik.

Penelitian ini cukup mencengangkan dan membuat mata orang terbelalak. Dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa kecenderungan genetik memegang peranan yang lebih besar terhadap terjadinya kadar asam urat tinggi dalam darah. Ini menjelaskan kenapa seseorang dengan faktor keluarga yang menderita asam urat memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menderita penyakit ini.

Terlepas dari benar atau tidak hasil penelitian tersebut, itu bisa menjadi peringatan bagi Anda yang punya keluarga dengan masalah asam urat. Perbaiki diet Anda dan tetaplah berolahraga agar terhindar dari asam urat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di FacebookBagikan MUHRID di Google+