Domisili

Banjarmasin, Indonesia

Kontak Saya

Akan terganggunya aktivitas sehari hari pada saat adanya dahak yang menyumbat saluran pernapasan. Biasanya adanya dahak ini merupakan pertanda jika saluran pernapasan kamu mengalami peradangan yang dipicu oleh berbagai penyakit. Biasanya bentuk dahak ini kental dan sulit untuk dikeluarkan, karena fungsinya itu untuk menankap debu, allergen, dan virus, sehingga tidak akan masuk ke saluran pernapasan. Tetapi jika kamu merasa dahak disaluran pernapasan sudah membandel dan sangat menganggu, maka kamu tidak perlu khawatir karena adanya berbagai cara cepat untuk mengeluarkannya. Mulai dari mengkonsumsi obat pengecer dahak hingga melakukan cara alami dan tradisional.

Tetapi jika kamu tidak suka mengkonsumsi obat pengecer dahak, maka adanya beberapa cara mengeluarkan dahak yang cepat dan alami.Berikut beberapa cara cepat dan alami mengeluarkan dahak diantaranya yaitu :

Memanfaatkan Uap Hangat

Dengan menghirup uap hangat maka akan dapat membantu mengeluarkan dahak sekaligus melegakan pernapasan. Atau kamu juga dapat menghirup uap hangat yang berasal dari makanan seperti sup ayam ataupun teh hangat.  

Mengkonsumsi Air Putih

Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, terlebih air hangat dapat mengeluarkan dahak dan melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat. Selain air putih, kamu juga bisa mengkonsumsi sup ayam, teh tanpa kafein, dan juga jus lemon hangat.

Kumur Dengan Air Garam 

Dengan berkumur air garam maka akan dapat membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu di tenggorokan dan susah keluar. Dan bahkan cara ini dapat membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan garam sebanyak  ¾  sdt dengan air hangat. Kemudian kumur selama 30 hingga 60 detik dengan posisi kepala menengadah.

Memanfaatkan Kayu Putih

Untuk mengeluarkan dahak yang susah keluar secara ampuh maka kamu bisa memanfaatkan minyak kayu putih. Cobalah oleskan minyak kayu putih pada bagian dada, dengan melakukan ini maka akan dapat membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Mengkonsumsi Makanan Pedas

Tidak banyak yang menyangka jika dengan mengkonsumsi makanan pedas maka akan dapat membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Kandungan capsaicin yang biasa ditemukan pada cabai didalam makanan pedas dapat membantu mengeluarkan dahak dan untuk sementara dapat membersihkan sinus.

Memanfaatkan Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan juga antiperadangan. Didalam sebuah penelitian ditemukan jika dengan menghirup uap dari air hangat yang dicampurkan dengan madu dapat mengeluarkan dahak dan mengurangi penyempitan bronkus.

Memanfaatkan Jahe

Jahe adalah pengencer dahak alternatif yang alami dan dapat ditemukan dengan mudah dimana mana. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup mencampurkan potongan jahe kedalam minuman hangat kamu.

Memanfaatkan Daun Mint

Kandungan mentol yang ada didalam daun mint berfungsi untuk mengurangi produksi dahak dan mengencerkan dahak kental. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup mencampurkan daun mint kedalam minuman hangat seperti teh supaya dahak cepat keluar.

Memanfaatkan Lobak

Lobak dipercaya dapat melegakan tenggorokan yang tersumbat karena dahak. Tetapi tidak hanya itu saja karena lobak ini juga dipercaya dapat mengatasi radang tenggorokan dan menyembuhkan flu dan batuk. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup menambahkan lobak kedalam sup hangat.

Selain itu masih ada cara cepat dan alami yang lainnya yaitu dengan memanfaatkan bawang putih. Senyawa iritasi yang ada didalam bawang ternyata dapat merangsang kamu untuk batuk dan mengeluarkan dahak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *