Asuransi kecelakaan diri merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan pada hal-hal yang tak terduga. Asuransi ini sangat disarankan terutama bagi mereka yang memiliki risiko tinggi dalam pekerjaannya. Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap pekerjaan harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Maka sangat penting memiliki asuransi sebagai perlindungan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Adanya asuransi kecelakaanbertujuan untuk melindungi dari risiko kecelakaan kerja. Asuransi akan diberikan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian, cacat tetap, cacat sementara, dan dirawat (biaya perawatan dokter dan pengobatan) pada saat jam kerja atau masih berkaitan dengan pekerjaan. Hal-hal tersebutlah yang menjadikan pentingnya memiliki asuransi jenis ini.

Dalam asuransi inijuga terdapat UP atau uang pertanggungan. UP akan diberikan dalam bentuk santunan yang besarnya bervariasi dilihat dari risiko kecelakaan yang diderita. Untuk risiko kematian akan diberikan 100% dana santunan kepada keluarga yang namanya dicantumkan pada polis.

Untuk risiko cacat, santunan yang diberikan sangat bervariasi. Cacat lengan kanan akan menerima 60% pertanggungan, cacat lengan kiri menerima 50% pertanggungan. Cacat satu kaki juga mendapatkan pertanggungan 50%. Untuk cacat kaki mulai dari mata kaki sampai lutut mendapatkan 25% pertanggungan. Cacat ibu jari tangan kanan mendapatkan pertanggungan 15%, sedangkan ibu jari tangan kiri menerima 10% biaya pertanggungan.

Manfaat Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Dengan menggunakan asuransi, tentu akan meringankan beban yang sedang dihadapi. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh jika memiliki asuransi jenis ini ialah sebagai berikut.

1. Mendapatkan Rasa Aman

Perlindungan kecelakaan terhadap karyawan bersifat menyeluruh mulai dari kecelakaan ringan hingga kematian, seperti yang telah disebutkan di atas. Adanya perlindungan ini akan membuat karyawan lebih nyaman dalam bekerja karena merasa aman. Ketika karyawan merasa terlindungi mereka akan nyaman bekerja dan produktivitas kerja pun meningkat.

2. Perlindungan Terhadap Keluarga

Kecelakaan paling fatal adalah yang sampai mengakibatkan kematian. Jika hal ini terjadi pada tulang punggung keluarga sudah pasti pendapatan keluarganya menjadi terhenti. Dengan asuransi keluarga tertanggung akan mendapatkan santunan bulanan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan yang terdapat dalam polis. Ada juga yang mendapatkan uang pertanggungan dengan jumlah cukup besar sehingga dapat digunakan untuk modal usaha.

3. Meringankan Biaya Perawatan

Biaya rawat di rumah sakit tidaklah murah. Apalagi untuk kasus kecelakaan, kadang bisa sampai harus dioperasi. Dengan menggunakan asuransi tentu sangat meringankan klien yang terkena musibah. Inilah mengapa asuransi dinilai sangat penting.

Demikianlah beberapa manfaat yang akan Anda rasakan ketika memiliki asuransi kecelakaan diri. Memberikan perlindungan diri sebaiknya disiapkan dari jauh-jauh hari. Jangan menunggu musibah datang lantas baru mengurus asuransi. Lagi pula saat ini tersedia banyak perusahaan yang menawarkan layanan asuransi, tinggal Anda pilih sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *