Cegah Flu Sebelum Terlambat

Influenza atau lebih sering disebut flu merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Flu dapat datang dengan tiba-tiba, biasanya berlangsung dalam 7-10 hari. Penyakit ini dapat bisa hilang begitu saja tanpa diobati. Tetapi tentu Anda akan merasa kurang nyaman pada saluran hidung, oleh sebab itu dapat mengonsumsi obat flu ampuh.

Kebanyakan penderita flu dapat sembuh sepenuhnya setelah mengonsumsi obat dan istirahat yang teratur.Tetapi pada balita dan orang tua, flu dapat bertambah parah hingga berakibat kematian. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi ada baiknya mencegah penyebaran virus flu.

Pencegahan Terhadap Flu

Langkah awal mencegah flu dengan menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Misalnya membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air. Bawalah selalu hand-sanitizer yang berbahan dasar alkohol.

Setelah beraktivitas diluar rumah harap tidak langsung menentuh hidung, mulut, dan mata sebelum cuci tangan. Jika teman Anda mengalami flu sebaiknya tidak berbagai makanan atau minuman dengannya. Sebab, penularan flu lebih cepat dari penyakit lainnya.

Anda dapat menggunakan masker atau penutup mulut saat berpergian ke luar. Pasalnya, virus flu juga menyebar dari udara yang tidak sehat. Perhatikan kelembapan udara, Anda dapat menggunakan AC dengan filter udara agar memperoleh udara yang bersih serta sehat.

Upaya pencegahan lainnya dengan melakukan vaksinasi influenza. Adapun pemberian vaksin dilakukan pada bayi berusia 6 bulan. Setelah itu, wajib melakukan vaksin setiap tahunnya hingga anak berusia 18 tahun. Vaksinasi diperlukan bagi orang-orang yang beresiko mengalami komplikasi penyakit.

Penyebab Umun Flu

Tahukah Anda influenza atau flu disebabkan lebih dari 100 virus jahat yang menyerang sistem imun tubuh yang lemah. Beberapa jenis virus influenza yang mudah ditemui yakni jenis A, B atau C. Sementara, yang paling umum menyerang masyarakat adalah influenza jenis A.

Penyebab utama virus ini biasanya menghirup udara kotor setiap hari. Selain itu, bisa disebabkan dari kontak langsung dengan hewan yang terkena flu. Sebaiknya setelah 2 hari terkena flu belilah obat di apotik terdekat. Jika flu tidak kunjung sembuh selama satu minggu maka segera berobat ke dokter.

Tinggalkan Balasan