Hindari Telat Bayar Premi Asuransi dengan 4 Cara Ini

Asuransi adalah kebutuhan yang penting bagi banyak orang karena dapat menjamin jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Munculnya pihak penjamin ini tentunya akan mengurangi kerugian jika risiko benar-benar terjadi terutama kepada pihak yang produktif misalnya orang tua yang bekerja. Ada banyak jenis asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi aset, asuransi pendidikan dan beberapa jenis lainnya.

Agar Tidak Telat Bayar Premi Asuransi

Sama seperti produk keuangan lainnya, dengan adanya keuntungan yang diberikan oleh penyedia jasa, tentunya harus ada kewajiban bagi peserta. Jika dalam asuransi, maka kewajiban yang harus dilakukan oleh peserta adalah membayarkan premi dengan besaran yang telah disepakati di awal.

Nah seringkali dari Anda kesusahan untuk membayar premi di awal bahkan sampai melewati batas waktu yang diberikan. Lalu bagaimana cara supaya tidak telat membayar premi ?

1. Ketahui Risiko Telat Membayar Premi

Supaya Anda tidak telat membayarkan premi asuransi, ketahui terlebih dahulu risiko yang mungkin terjadi ketika Anda telat membayarnya. Biasanya bentuknya berupa penangguhan layanan, pemberian denda, hingga penghapusan status kepesertaan. Jika mengetahui risiko-risikonya, ini akan membuat Anda lebih teratur dalam membayarkan premi.

2. Sisihkan Pendapatan

Biasanya pembayaran premi memiliki tenggat waktu tertentu. Misalnya dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun. Jadi usahakan untuk menyisihkan pendapatan sedikit demi sedikit. Dengan begini akan meringankan beban Anda dibandingkan dengan membayarkan kontan mendekati waktu terakhir pembayaran.

3. Buat Target dan Jadwal

Buatlah jadwal dan target sendiri untuk membayarkan premi asuransi jiwa. Membuat jadwal pembayaran  dapat membuat pengaturan keuangan Anda akan lebih baik. Selain itu, Anda akan selalu ingat kapan harus membayarkan premi asuransi.

4. Buat Skala Prioritas Pengeluaran

Membuat skala prioritas sangat baik untuk keuangan Anda termasuk asuransi. Tempatkan membayar asuransi sebagai kebutuhan pokok dan utama. Ketika menerima pendapatan, bayarlah premi Anda terlebih dahulu sebelum mengeluarkan untuk kebutuhan yang lain.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan supaya tidak telat ketika membayarkan premi asuransi jiwa. Hindari risiko-risiko kerugian dengan membayarkan premi tepat waktu. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan