Domisili

Banjarmasin, Indonesia

Kontak Saya

Vagina merupakan salah satu organ vital bagi seorang perempuan yang berbentuk tube (tabung). Dimana, vagina ini terdiri dari otot elastis yang menghubungkan uterus, serviks, serta bagian terluar organ seks, seperti vulva (permukaan luar daerah vagina). Karena vagina ini merupakan bagian tubuh yang penting dan sensitif bagi wanita, tentunya kamu harus menjaga dan merawat vagina ini dengan baik dan benar. Nah, supaya kamu lebih memahami lebih dalam tentang vagina, berikut fakta vagina yang unik dan menarik yang harus diketahui:

1. Vagina Dapat Memanjang

Fakta vagina pertama yang harus kamu ketahui adalah vagina juga bisa memanjang sebagaimana pada penis. Perlu diketahui bahwa vagina ini dikelilingi oleh otot-otot yang berlekuk dan berbentuk cincin. Sehingga vagina ini bisa memanjang serta melebar jika diperlukan. Dalam keadaan normal, vagina wanita dewasa memiliki diameter sekitar 6,4-7,6 cm dan panjang 8-9 cm. Namun, ukuran ini bisa membesar bahkan hingga dua kali lipat saat melahirkan atau melakukan hubungan seks.

2. Vagina Bisa Kentut

Mengeluarkan bunyi seperti kentut pada vagina merupakan hal yang normal. Proses yang disebut dengan queefing terjadi saat banyak udara masuk ke dalam vagina, misalnya seperti saat melakukan hubungan seksual. Berbeda dengan kentut yang dikeluarkan melalui anus, maka kentut dari vagina ini tidak berbau. Hal ini dikarenakan tidak mengandung bakteri usus maupun sisa metabolisme makanan.

3. Vagina Dapat Kendur

Fakta vagina selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah vagina ini dapat kendur seiring dengan bertambahnya usia. Selain faktor usia, perubahan hormonal, kehamilan, melahirkan, faktor genetik, hingga gravitasi juga bisa mengendorkan vagina. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa melakukan senam kegel, tidak merokok, menjaga berat badan sehingga tidak kegemukan maupun kekurusan, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga jangan sampai mengalami sembelit. 

4. Kondisi Vagina Saat Wanita Bergairah

Dalam hal ini, menurut Anne Lawrence, psikolog dan seksolog, menyatakan bahwa vagina ini memiliki kedalaman sekitar 7-8 cm. Selain itu, vagina ini tidak tidak mudah lama terangsang. Jadi membutuhkan waktu yang lama agar membuat vagina ini terangsang. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa saat terangsang, vagina akan melebar menjadi sekitar 11-12 cm. Bahkan, saat sedang bergairah seks, saluran vagina akan melebar hingga dua kali lipat serta menghasilkan efek yang disebut ‘tenting’. Selain itu, efek ini juga akan bisa mengangkat serviks dan menciptakan sedikit peluang supaya sperma berhasil membuahi sel telur. Bukan hanya itu, klitoris pada vagina pun akan ikut membesar saat seorang wanita terangsang dan dinding vagina bisa meregang dari 1 cm menjadi 5 cm bahkan bisa lebih.

5. Vagina Dapat Membersihkan Dirinya Sendiri

Perlu diketahui bahwa vagina ini dapat membersihkan dirinya sendiri. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan sabun atau produk-produk pembersih vagina. Selain itu, produk-produk pembersih vagina tersebut akan dapat menimbulkan efek samping, yakni bisa menyebabkan infeksi.

6. Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar pada wanita. Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi pada wanita. Hal ini merupakan kondisi alami yang berfungsi untuk membersihkan serta melindungi area wanita dari iritasi dan infeksi. Dimana, saat seorang wanita mengalami keputihan akan mengeluarkan lendir dari alat vitalnya. Lendir yang diproduksi oleh kelenjar dalam area wanita akan keluar sembari membawa sel-sel mati serta bakteri sehingga alat vitalnya tetap bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *