Domisili

Banjarmasin, Indonesia

Kontak Saya

Setiap hunian membutuhkan pipa air untuk mendukung aktivitas harian. Kebutuhan air bersih dalam rumah tangga merupakan hal penting yang tidak boleh abaikan. Anda wajib memilih material pipa yang berkualitas sehingga bisa mendistribusikan air dengan baik. Sebelum memasang instalasi air di rumah, sudahkah Anda mengetahui jenis pipa dan kegunaannya? Yuk, simak ulasan lengkap terkait jenis pipa air di sekitar berikut ini!

Jenis Pipa Air dan Kegunaannya

Buat Anda yang hendak melakukan instalasi air, sebaiknya ketahui jenis pipa dan kegunaan di rumah berikut ini.

1.Pipa air PVC

Pipa PVC menjadi pilihan material yang paling banyak digunakan di rumah tangga. Bahan PVC memiliki kelebihan tidak mengandung bahan berbahaya, licin dan tahan api. Sangat direkomendasikan untuk menyalurkan air bersih atau pembuangan limbah dan air hujan.

2. Pipa air PVC-O

Pipa PVC-O merupakan jenis pengembangan pipa PVC yang memiliki keunggulan dibandingkan pipa PVC biasa. Hal ini dikarenakan sistem pembuatan pVC-O terbuat dari metode bi-axial yang membuat ikatan antar molekul lebih kuat. Material memiliki tingkat keretakan rendah dan lebih tipis untuk menampung air.

3. Pipa air CPVC

Selain PVC-O, Anda juga bisa mempertimbangkan pipa air CPVC atau Chlorinated Polyvinyl Chloride yang lebih tahan terhadap suhu tinggi. Ketahanan material terhadap suhu 180 derajat celsius sangat mendukung instalasi air panas dan dingin di kamar mandi Anda.

4.Pipa air HDPE

Merupakan jenis pipa air paling aman sebab terbuat dari material plastik non toxic. High Density Polyethylene bisa mengalirkan air rumah tangga yang dijamin bersih. Kekuatan material membuat pipa HDPE banyak dipasang di rumah yang berada di lokasi curam, rawan bencana dan tidak stabil.

5.Pipa air PP-R

Polypropylene random merupakan jenis pipa yang memiliki karakter yang paling unggul dibandingkan pipa lain. Tak hanya memiliki warna pipa hijau yang unik, keunggulan pipa sanggup menyalurkan air bertekanan dan suhu tinggi. Selain itu, pipa PP-R memiliki kelebihan anti gempa, lentur dan bobot ringan yang fleksibel.

6.Pipa air PEX

Memiliki warna yang berbeda untuk mengidentifikasi saluran air panas dan dingin di hunian Anda. Pipa PEX memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap suhu ekstrim. Selain itu, pemasangan pipa PEX untuk instalasi air hunian cukup mudah dan sederhana.

7. Pipa air SDR-41

Merupakan jenis pipa yang memiliki fungsi khusus yaitu mengalirkan air limbah ke saluran pembuangan. Warna pipa cokelat dengan tingkat ketebalan yang baik untuk menyalurkan limbah tanpa tekanan. Anda wajib memperhatikan standarisasi pipa air SDR-41 yang aman dan telah terbukti berkualitas. Saluran fluorida yang berfungsi mengalirkan limbah bisa bekerja secara optimal dan mencegah pencemaran lingkungan sekitar.

Dari beberapa tipe pipa di atas, Anda bisa memilih jenis pipa yang memiliki kegunaan atau fungsi sesuai kebutuhan. Instalasi air yang terpasang dengan baik bisa memberikan kenyamanan untuk penghuni rumah. Selain itu, pipa yang terbuat dari material berkualitas lebih tahan lama sehingga Anda tidak perlu mengganti pemasangan pipa yang mudah rusak.

Gunakan pipa air Rucika yang telah terbukti berkualitas dengan material yang telah SNI. Harga pipa yang terjangkau bisa membuat pengeluaran biaya instalasi pipa di rumah Anda lebih ringan. Dapatkan produk berkualitas di distributor Rucika yang kredibel di berbagai wilayah Indonesia. Sambungan pipa air yang aman, bebas risiko kebocoran dan lebih awet, kenapa tidak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *